NcsTaxi.com | Tungku naga singkawang

NcsTaxi.com | Tungku naga singkawang

TAXI SINGKAWANG DENGAN HARGA PALING EKONOMIS PERCAYAKAN PADA NCS TAXI
TUNGKU NAGA SINGKAWANG
Tungku naga adalah sebuah alat pembakaran keramik yang memiliki bentuk memanjang seperti badan naga. Bagian depan tungku adalah bagian yang mengeluarkan api hasil pembakaran. Mirip dengan naga dalam buku-buku dongeng yang mengeluarkan api dari mulutnya. Dari tungku inilah dihasilkan keramik Singkawang yang istimewa.Tungku naga adalah sebuah alat pembakaran keramik yang memiliki bentuk memanjang taksi pontianak resmi seperti badan naga. Bagian depan tungku adalah bagian yang mengeluarkan api hasil pembakaran. Mirip dengan naga dalam Ncs Taxi : Layanan Jasa Antar Jemput Penumpang Taxi Reguler Bandara Pelabuhan Pontianak Pinyuh Mempawah Singkawang Selakau Pemangkat Semparuk Tebas Sambas Samalantan Bengkayang. Melayani : Carter Mobil Dalam Kota & Luar Kota, Sewa Mobil Plus Driver, Pembelian Tiket Pesawat, Pengiriman Paket buku-buku dongeng yang mengeluarkan api dari mulutnya. Pusat produksi tungku naga ini berada di kota Singkawang, Kalimantan Barat. Bukan hanya warga sekitar, tungku naga Singkawang kondang hingga ke luar negeri.Kota Singkawang memang dikenal sebagai kota penghasil keramik sejak 1895, lebih tua dibandingkan dengan keramik Kasongan di Yogyakarta. Kota yang dikenal dengan sebutan Kota Seribu Klenteng ini memang menyimpan banyak wisata budaya yang unik.


TEMPAT PEMBUATAN KERAMIK
Terowongan Pembakaran Sepanjang 20 Meter
Singkawang merupakan sentra industri keramik yang telah terkenal kualitas dan juga keasliannya. Keramik di Singkawang dibuat dengan  cara tradisional, tak tersentuh oleh mesin modern, menjadikannya daya tarik tersendiri. Keramik dari kota Singkawang ini dibuat dengan tangan para pengrajin mulai dari pembuatan pola hingga pembakaran.Keramik dari kota ini tersedia dalam berbagai bentuk seperti piring, gelas, mangkok, guci dengan berbagai ukuran juga souvenir. Dan hal yang paling unik tentu saja, tungku naga. Perjalanan ke tungku naga bisa jadi pengalaman istimewa buat Sobat Pesona. Kita disuguhi sebuah tungku yang menyerupai terowongan sepanjang 20 meter.Pada saat tidak ada pembakaran keramik, tungku naga akan dibersihkan oleh para pekerja. Tapi walaupun tak ada pembakaran, suhu di dalamnya tetap terasa panas juga pengap. Bentuknya memanjang, sehingga disebut tungku naga dengan taksi pontianak bandara tinggi satu setengah meter. Tungku pembakaran yang panjang, mirip dengan naga yang sedang berbaring dan siap mengeluarkan api. Saat sang naga puas membakar, maka akan keluarlah keramik-keramik cantik. Keramik-keramik yang dihasilkan dari kota Singkawang ini memiliki sentuhan budaya Cina.Kota Singkawang di Kalimantan Barat ini kental dengan warna budaya Tiongkok. Karena itu tak heran jika keramik-keramik produksi kota ini memiliki sentuhan budaya Tiongkok, bercampur dengan aksen budaya setempat Kini beberapa pengrajin keramik di kota Singkawang mulai beralih menggunakan mesin modern. Namun, tungku naga tetap di pertahankan untuk menjaga kualitas serta budaya yang ada. Keramik yang dihasilkan secara tradisional dan dibakar dengan tungku naga, memiliki ciri khas tersendiri dan pastinya harganya istimewa. Perjalanan ke tungku naga di kota Singkawang pun, akan liburan makin berkesan dan tak  terlupakan.


PENGANTARAN PAKET ANDA DENGAN SELAMAT BERSAMA NCS TAXI
CARA MEMBUAT KERAJINAN TUNGKU NAGA
Cara membuat kerajinan di Tungku Naga tidak bisa lepas dari kisah cerita panjang kotanya. Masing-masing kota tentunya mempunyai sejarah yang menarik dan berbeda-beda. Tidak hanya itu, kota tidak sekadar “tempat tinggal” bagi manusia saja, melainkan bagi cerita masa silam.Cara membuat kerajinan di Tungku Naga bermula dari kedatangan orang Hakka secara berkelompok pada tahun 1760-an. Orang-orang Hakka awalnya sengaja didatangkan oleh Sultan Sambar untuk bekerja di tambang emas tahun 1740-an. Akan tetapi, setelah berselisih paham dengan salah satu suku di Pulau Kalimantan, orang Hakka di Singkawang akhirnya membuka lahan pertanian. Melihat geografis Singkawang yang memiliki ketersediaan tanah liat, akhirnya mereka membuat kerajinan keramik secara turun-temurun hingga detik ini.Meskipun sekarang bermunculan peralatan modern yang mampu membuat keramik lebih cepat, Ncs Taxi : Jadwal Keberangkatan Setiap Harinya Dimulai Dari Jam 02.00 Pagi s/d 22.00 Malam (Setiap Jam Berangkat) perajin lebih memilih alat dan cara tradisional. Proses dari pembentukan bodi keramik, membuat motif (ukir), pemberian warna, hingga pembakaran pun tetap menggunakan cara tradisional. Sobat Pesona akan menjumpai perbedaan dalam pengerjaan keramik, yakni adanya tungku besar yang memanjang. Apabila diamati dari jauh tampak mirip seekor naga. Nah, penamaan Tungku Naga berasal dari penampilan tungku panjang.Membuat Kerajinan Tungku TradisionalSelama pembuatan kerajinan keramik dimulai dari pencetakan atau pembentukan bodi menggunakan alat putar tradisional. Jadi, alat putar pembentuk keramik digerakkan oleh kaki sekencang-kencangnya. Perlahan-lahan tanah liat di bagian tengah dibentuk menggunakan tangan. Jika diamati terlihat mudah, namun ketika mencobanya pasti tidaklah mudah. Dibutuhkan kerjasama antara perasaan, tangan, dan kaki untuk menghasilkan bodi keramik proporsional.
 

TAXI PONTIANAK HARGA PALING EKONOMIS HANYA NCS TAXI
PROSES PEMBUATAN KERAMIK
Proses berikutnya adalah mengeringkannya sesaat. Sembari menantikan keramik kering, para pengrajin akan menyiapkan tungku pembakaran. Nah, jika sudah siap, maka barulah keramik dimasukkan ke dalam tungku naga sebagai tahap pemadatan tanah liat. Dibutuhkan waktu mulai dari beberapa menit untuk menyelesaikan proses pembakaran. Apabila sudah dianggap selesai, keramik akan dimasukkan ke dalam genangan air taksi mempawah jungkat untuk menghilangkan sisa panas dari proses pembakaran.Keramik asal Kota Singkawang yang “lahir” dari perut tungku naga membuatnya tampak unik dan memiliki keistimewaan. Mungkin belum banyak orang yang tahu kalau tungku Ncs Taxi Armada: Sienta, Veloz, Grand New Avanza, All New Ertiga, Great New Xenia, Calya, Sigra, Agya, Ayla, Dll naga dari Kota Singkawang menjadi satu-satunya tungku pembakaran keramik di Indonesia. Tungku pembakaran ini pun menjadi salah satu yang tersisa di Asia Tenggara selain di Filipina. Sampai sekarang tungku naga di Kota Singkawang tinggal lima buah saja, sehingga ada kemungkinan produksi keramik akan berkurang.Tidak hanya tungku naga saja yang langka, perajin yang benar-benar memiliki keterampilan pun hanya tinggal satu orang, adalah Hin Ka Lung. Karena itulah pihak pemerintah daerah berupaya mempertahankan tungku naga sebagai warisan peradaban yang menjadikan Kota Singkawang berkembang. Itu sebabnya cara membuat kerajinan di Tungku Naga patut dilestarikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NcsTaxi.com | Kwe kia theng makanan khas pontianak

NcsTaxi.com | Makanan khas ketapang kalimantan barat

NcsTaxi.com | Gereja Katholik Santo Fransiskus Asisi